Definisi Animasi Dan Desain Grafis Beserta Contoh Aplikasinya

Nama     :  Muhammad Adhari Alfaridzi
Kelas      :  3KA29
Fak/Jur  : Ilmu Komputer/Sistem Informasi


Definisi Animasi
 Definisi animasi sendiri berasal dari kata 'to animate' yang berarti menggerakkan,menghidupkan. Misalkan sebuah benda yang mati, lalu digerakkan melalui perubahan sedikit demi sedikit dan teratur sehingga memberikan kesan hidup.animasi adalah proses penciptaan efek gerak atau efek perubahan bentuk yang terjadi selama beberapa waktu. Animasi juga merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilustrasi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan. Definisi tersebut mengartikan bahwa benda-benda mati dapat ‘dihidupkan’. Pengertian tersebut hanyalah merupakan istilah yang memiripkan, dalam arti tidak harus diterjemahkan secara denotatif, melainkan simbol yang menyatakan unsur kedekatan. Animasi dipandang sebagai suatu hasil proses dimana obyek-obyek yang digambarkan atau divisualisasikan tampak hidup. Kehidupan tersebut dapat dinyatakan dari suatu proses pergerakan.Meskipun demikian animasi tidak secara eksplisit dinyatakan pada obyek-obyek mati yang kemudian digerakkan. Benda-benda mati, gambaran-gambaran, deformasi bentuk yang digerakkan memang dapat dikatakan sebagai suatu bentuk animasi, akan tetapi esensi dari animasi tidak sebatas pada unsur menggerakkan itu sendiri, jika kehidupan memang diidentikkan dengan pergerakan, maka kehidupan itu sendiri juga mempunyai karakter kehidupan. Dengan demikian animasi tidak semata-mata hanyalah menggerakkan, tetapi juga memberikan suatu karakter pada obyek-obyek yang akan dianimasikan. Esensi inilah yang kemudian dikembangkan oleh beberapa animator-animator sehingga obyek animasinya tidak bersifat perubahan gerak, tetapi lebih daripada itu, mood, emosi, watak tak jarang dimasukkan sebagai suatu pengembangan karakterisasi.



Definisi Desain Grafis

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).
Seni disain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.


Software Desain Grafis

Adobe Indesign

 

Adobe Indesign adalah jenis software desain grafis yang berada dalam perangkat lunak destop publishing atau biasa dikenal dengan nama DTP. Adobe Indesign diproduksi oleh Adobe sistem yang bisa anda gunakan untuk membuat poster, brosur, majalah atau buku. Aplikasi ini banyak digunakan masyarakat luas untuk melakukan suatu desain dalam kehidupan sehari-hari.

Adobe Page Maker

 

Adobe Page Maker adalah perangkat lunak aplikasi pengolah data yang digunakan untuk mendesain layout buku, cover majalah atau makalah. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mendesain koran dan biasa digunakan untuk keperluan undangan, kartu nama, kartu ucapan dan kop surat.

Adobe Frame Maker

 

Software Desain Grafis jenis Adobe Frame Maker adalah perangkat lunak yang menggunakan tampilan XML untuk native penulis konten tekstur. Berpaduan dengan PDF yang memiliki konten out-off-the-box integrasi CMS. Aplikasi ini memiliki sistem pempublikasian dengan menggunakan saluran, format dan layanan HTML5 yang menggunakan penerbit server 10 atau Adobe teknis komunikasi Site 4. Aplikasi ini biasa menyimpan data dalam bentuk PDF, HTML, WEbhelp dan Adobe Air.

Macromedia Freehand

 

Macromedia Freehand adalah jenis aplikasi software desain grafis yang digunakan untuk melakukan editing gambar berbasis vector. Software ini bisa digunakan oleh para designer untuk melakukan editing logo baik kelompok ataupun perusahaann. Namun software ini juga bisa digunakan untuk melakukan editing pada brosur, kartu nama, undangan dan beberapa kebutuhan lain.

Adobe Photoshop

 

Adobe Photoshop adalah software desain grafis yang secara khusus dirancang untuk memanipulasi objek atau gambar yang akan digunakan dalam suatu kepentingan. Aplikasi software desain grafis ini biasa digunakan oleh para photographer untuk mengedit hasil foto agar terlihat lebih hidup dan nyata. Adobe Photoshop adalah produk terbaik yang pernah dikeluarkan oleh Adobe Systems. Anda dapat membuat desain poster, spanduk, logo, dan kebutuhan lainnya dengan Adobe Photoshop.


Software Desain Animasi

Autodesk Maya

 

Autodesk Maya merupakan perangkat lunak yang bisa digunakan untuk membuat animasi 3D. Software ini dapat di gunakan untuk windows, IOS, dan Linux. Autodesk maya dapat digunakan untuk membuat aplikasi 3D interaktif, termasuk pada film animasi, serial TV ataupun efek visual.
Dalam proses pembuatan animasi 3D, software autodesk maya terbilang lebih mudah dibandingakan perangkat 3D lainnya. Autodesk memiliki kemampuan untuk kerajinan objek 3D kustom dengan pengguna untuk secara bebas dan mudah memanipulasi masing – maisng titik individu yang mmeungkinankan rasa kontrol dan flesibilitas.
Aoutodesk maya memiliki kekuatan besar dalam penyediakan pengatutan pencahayaan dan tekstur alat untuk membantu membuat objek terlihat lebih realistis.
Software autodesk maya digunakan dalam pembuatan serial animasi ipin upin. Untuk film hollywood, Finding Nemo dan Lord Of The Ring menggunakan Maya dalam pembuatan video animasi guna untuk memanipulasi.

Cinema 4D

 

Cinema 4D merupakan perangkat lunak vektok grafis modeling 3D yang dikembangkan oleh perusahaan asal jerman, yakni Maxon.
Cinema 4D salah satu software maker yang cukup populer dalam pembuatan animasi 3D ataupun pembuatan video animasi. Film yang menggunakan cinema untuk pembuatan animasi 3D, yaitu Final Destination 5.
Kelebihan pada cinema 4D ialah antarmuka dengan tata letak pre-set dan disesuaikan, animasi, layout lukisan, serta hasil render yang bagus.
Hasil render merupakan hal penting dalam pembuatan video animasi. Agar videonya dapat dinikmati dengan baik tanpa ada kekurangan pada visual dan audionya.

Blender

 

Blender adalah merupakan aplikasi open source yang populer. Walaupun open source, aplikasi Blender memiliki kualitas yang cukup baik dalam pembuatan grafik 3D.
Blender sendiri memiliki fungsi untuk membuat konten video 2D dan 3D dalam jumlah yang banyak. Misalnya untuk modeling, texturing, animation, lighting, dan video-post processing. Sehingga buat kalian yang ingin membuat animasi dengan gratis tapi bagus, bisa kalian gunakan Blender karena aplikasi ini cukup baik dalam pembuatan animasi 3D.

Autodesk 3DS Max

 

Autodesk 3DS Max merupaka software animasi yang cukup bak dalam pembuatan animasi 3D. Audesk 3DS terkenal dengan fitur modellingnya. Ada 5 jenis metode modeling, yakni Primitif Modelling, NURMS, Surface Tool, NURBS, dan Ploygon Modelling. 3DS max memiliki interface yang elegan dan responsive, serta memiliki 4 sudut pandang, yang dimana untuk mempermudah pembuatan Animasi 3D.

 sumber: 
http://talithaza.blogspot.com/2013/03/definisi-contohcara-dan-sejarah-animasi.html
https://bestchildrenofgod.wordpress.com/definisi-desain-grafis/ 
https://solusiprinting.com/macam-macam-software-desain-grafis-dan-fungsinya/
https://www.plimbi.com/article/169952/5-software-yang-bisa-digunakan-untuk-membuat-animasi-3d

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Storyboard animasi penebangan hutan

Animasi Penebangan Pohon Secara Liar

Pentingnya Sosialisasi