konsep kecerdasan buatan
Nama : Muhammad Adhari Alfaridzi
Kelas : 3KA29
Fak/Jur : Ilmu Komputer/Sistem Informasi
1 Pengertian Kecerdasan Buatan
Pengertian Kecerdasan Buatan/Artificial Intelligence –
Kecerdasan Buatan (bahasa Inggris: Artificial Intelligence atau AI)
didefinisikan sebagai kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas
buatan. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan
diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat
melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam
bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.
Judul artikel ini (Makalah Pengertian Kecerdasan Buatan Definisi Artificial Intelligence Sejarah, Konsep, Aplikasi, Materi)
Banyak hal yang kelihatannya sulit untuk kecerdasan manusia, tetapi
untuk Informatika relatif tidak bermasalah. Seperti contoh:
mentransformasikan persamaan, menyelesaikan persamaan integral, membuat
permainan catur atau menyelesaikan permainan puzzle geser angka. Di sisi
lain, hal yang bagi manusia kelihatannya menuntut sedikit kecerdasan,
sampai sekarang masih sulit untuk direalisasikan dalam Informatika.
Seperti contoh: Pengenalan Obyek/Muka, bermain Sepakbola.
Walaupun Artificial Intelligence memiliki konotasi fiksi ilmiah yang
kuat, AI membentuk cabang yang sangat penting pada ilmu komputer,
berhubungan dengan perilaku, pembelajaran dan adaptasi yang cerdas dalam
sebuah mesin. Sistem AI sekarang ini
sering digunakan dalam bidang ekonomi, obat-obatan, teknik dan militer,
seperti yang telah dibangun dalam beberapa aplikasi perangkat lunak
komputer rumah dan video game.
Kecerdasan buatan ini bukan hanya ingin mengerti apa itu sistem kecerdasan, tapi juga mengkonstruksinya. Tidak ada definisi yang memuaskan untuk ‘kecerdasan’:
Kecerdasan buatan ini bukan hanya ingin mengerti apa itu sistem kecerdasan, tapi juga mengkonstruksinya. Tidak ada definisi yang memuaskan untuk ‘kecerdasan’:
- Kecerdasan: kemampuan untuk memperoleh pengetahuan dan menggunakannya
- atau kecerdasan yaitu apa yang diukur oleh sebuah ‘Test Kecerdasan’
Tujuan dari Artifical Intelligence adalah untuk
memecahkan persoalan dunia nyata (bersifat praktis) dan memahami
intelijensia (bersifat memahami). AI merupakan salah satu bagian ilmu
komputer yang mempelajari tentang bagaimana cara membuat agar komputer
dapat melakukan pekerjaan seperti yang dilakukan oleh manusia. Pada awal
diciptakannya, komputer hanya difungsikan sebagai alat hitung saja.
Namun seiring dengan perkembangan zaman, maka peran komputer semakin
mendominasi kehidupan umat manusia. Komputer tidak lagi hanya digunakan
sebagai alat hitung, lebih dari itu, komputer diharapkan untuk dapat
diberdayakan untuk mengerjakan segala sesuatu yang bisa dikerjakan oleh
manusia. Manusia bisa menjadi pandai dalam menyelesaikan segala
permasalahan di dunia ini karena manusia mempunyai pengetahuan dan
pengalaman. Pengetahuan diperoleh dari belajar. Semakin banyak bekal
pengetahuan yang dimiliki oleh seseorang tentu saja diharapkan akan
lebih mampu dalam menyelesaikan permasalahan. Namun bekal pengetahuan
saja tidak cukup, manusia juga diberi akal untuk melakukan penalaran,
mengambil kesimpulan berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang mereka
miliki.
Komputer juga harus diberi bekal pengetahuan dan mempunyai kemampuan
untuk menalar, agar komputer bisa bertindak seperti dan sebaik manusia.
Untuk itu pada artificial intelligence, akan mencoba untuk memberikan
beberapa metode untuk membekali komputer dengan kedua komponen tersebut
agar komputer bisa menjadi mesin yang pintar. Untuk menciptakan aplikasi
kecerdasan buatan ada 2 bagian utama yang sangat dibutuhkan, yaitu:
1. Basis Pengetahuan (Knowledge Base)
Basis pengetahuan berisi fakta-fakta, teori, pemikiran dan hubungan antara satu dengan yang lainnya.
2. Motor Inferensi (Inference Engine)
Motor Inferensi merupakan kemampuan menarik kesimpulan berdasarkan pengalaman. Atau dapat juga disebut dengan penalaran.
1. Basis Pengetahuan (Knowledge Base)
Basis pengetahuan berisi fakta-fakta, teori, pemikiran dan hubungan antara satu dengan yang lainnya.
2. Motor Inferensi (Inference Engine)
Motor Inferensi merupakan kemampuan menarik kesimpulan berdasarkan pengalaman. Atau dapat juga disebut dengan penalaran.
I.2 Bidang Ilmu yang Menjadi Dasar Kecerdasan Buatan
Supaya komputer dapat bertindak seperti atau serupa dengan manusia, maka komputer harus diberi bekal pengetahuan, dan mempunyai kemampuan untuk menalar. Penerapan bidang AI beraneka ragam. Tujuan dari sistem kecerdasan buatan dapat dibagi dalam 4 kategori [5]
- Sistem yang dapat berfikir seperti manusia (Bellman, 1978)
- Sistem yang dapat berfikir secara rasional ( Winston, 1992)
- Sistem yang dapat beraksi seperti manusia (Rich and Knight, 1991)
- Sistem yang dapat beraksi secara rasional (Nilsson, 1998)[4]
I.3 Sejarah Kecerdasan Buatan
Kecerdasan buatan merupakan bidang ilmu komputer yang sangat penting di era kini dan masa akan datang untuk mewujudkan sistem komputer yang cerdas. Bidang ini telah berkembang sangat pesat di 20 tahun terakhir seiring dengan kebutuhan perangkat cerdas pada industry dan rumah tangga, oleh karena itu buku ini memaparkan berbagai pandangan modern dan hasil riset terkini yang perlu dikuasai oleh para akademisi, pelajar dan praktisi lengkap dengan implementasi nyata.
Kata “intelligence” berasal dari bahasa Latin “intelligo” ang bearti “saya paham”. Barti dasar dari intelligence ialah kemampuan untuk memahami dan melakukan aksi. Sebenarnya, area Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) atau disingkat dengan AI, bermula dari kemunculan komputer sekitar th 1940-an, meskipun sejarah perkembangannya dapat dilacak sejak zaman Mesir kuno. Pada masa ini, perhatian difokuskan pada kemampuan komputer mengerjakan sesuatu yang dapat dilakukan oleh manusia. Dalam hal ini, komputer tersebut dapat meniru kemampuan kecerdasan dan perilaku manusia[1].
McMulloh dan Pitts pada tahun 1943 mengusulkan model matematis bernama perceptron dari neuron di dalam otak. Mereka juga menunjukkan bagaimana neuron menjadi aktif seperti saklar on-off dan neuron tersebut mampu untuk belajar dan memberikan aksi berbeda terhadap waktu dari input yang diberikan. Sumbangan terbesar di bidang AI diawali pada paper Alan Turing, pada tahun 1950 yang mencoba menjawab “Dapatkah computer berfikir” dengan menciptakan mesin Turing. Paper Alan Turing pada tahun 1950 berjudul “Computing Machineri and Intelligence” mendiskusikan syarat sebuah mesin dianggap cerdas. Dia beranggapan bahwa jika mesin dapat dengan sukses berprilaku seperti manusia, kita dapat menganggapnya cerdas.
Pada akhir 1955, Newell dan Simon mengembangkan The Logic Theorist, program AI pertama. Program ini merepresentasikan masalah sebagai model pohon, lalu penyelesaiannya dengan memilih cabang yang akan menghasilkan kesimpulan terbenar. Program ini berdampak besar dan menjadi batu loncatan penting dalam mengembangkan bidang AI. Pada tahun 1956 John McCarthy dari Massacuhetts Institute of Technology dianggap sebagai bapak AI, menyelenggarakan konferensi untuk menarik para ahli komputer bertemu, dengan nama kegiatan “The Dartmouth summer research project on artificial intelligence.” Konferensi Dartmouth itu mempertemukan para pendiri dalam AI, dan bertugas untuk meletakkan dasar bagi masa depan pemgembangan dan penelitian AI. John McCarthy di saat itu mengusulkan definisi AI adalah “ AI merupakan cabang dari ilmu komputer yang berfokus pada pengembangan komputer untuk dapat memiliki kemampuan dan berprilaku seperti manusia” [2].
Gambar 1.2. John McCarthy, dikenal sebagai bapak AI
Pada tahun 1960 hingga 1970, muncul berbagai dikusi bagaimana komputer dapat meniru sedetail mungkin pada kemampuan otak manusia, dimana saat itu dapat dikategorikan sebagai “classical AI”. Pada tahun 1980, dimana computer yang semakin mudah diperoleh dengan harga yang lebih murah menjadikan berbagai riset di bidang kecerdasan buatan berkembang sangat pesat pada berbagai universitas. Tabel 1.1 merupakan rangkuman sejarah penting pengembagan bidang Kecerdasan Buatan.
Tabel 1.1 Sejarah penting pengembangan bidang Kecerdasan Buatan
No
|
Tahun
|
Deskripsi
|
1 | 1206 | Robot humanoid pertama karya Al-Jazari |
2 | 1796 | Boneka penuang the dari jepang bernama Karakuri |
3 | 1941 | Komputer elektronik pertama |
4 | 1949 | Komputer dengna program tersimpan pertama |
5 | 1956 | Kelahiran dari Artificial Intelligence pada Dartmouth conference |
6 | 1958 | Bahasa LISP dibuat |
7 | 1963 | Penelitian intensif departemen pertahanan Amerika |
8 | 1970 | Sisem pakaer pertama diperkenalkan secara luas |
9 | 1972 | Bahasa Prolog diciptakan |
10 | 1986 | Perangkat berbasis AI dijual luas mencapai $425 juta |
11 | 1994 | AC berbasis Neuro fuzzy dijual |
12 | 2010 | Sistem kecerdasan buatan untuk Pesawat komersial BOEING 900-ER ramai digunakan |
13 | 2011 | Service Robot untuk restoran berhasil dibuat di Indonesia |
14 | 2012 | Sistem Pakar Troubleshooting Komputer berbasis Fuzzy dan Self Learning |
15 | 2012 | Sistem immune pada Deteksi spam diciptaka |
I.4 Agen Intelligent
AGENT
- Agent adalah sesuatu yang dapat mengesan ( percieving ) lingkungan ( environment ) nya
- melalui sensors dan bertindak ( Acting ) terhadap lingkungan tersebut melalui actuators
- Sensor : mata , telinga , dan organ tubuh lain
- actuators : tangan , kaki , mulut , dan bagian tubuh lain
- Sensor : kamera dan infrared range finders;
- Actuators : berbagai macam motor
- fungsi agent memetakan dari sejarah persepsi dalam tindakan ( Actions )
- program agent berjalan pada arsitektur fisik untuk menghasilkan f
- agen = arsitektur + program
- Sebuah agen haruslah mengarah kepada “lakukan hal yang benar” , berdasarkan kepada apa yang dapat di pahaminya dan tindakan yang dapat di lakukannya. Tindakan yang benar adalah tindakan yang akan menyebabkan agen tersebut paling berhasil.
- Pengukuran performance : sebuah kriteria objektif untuk keberhasilan sebuah perilaku agen
- Mis., ukuran perfomance dari sebuah agen vacuum-cleaner dapat berupa besarnya jumlah debu yang di bersihkan , jumlah waktu yang di habiskan , jumlah listrik yang di konsumsi , jumlah kebisingan yang dihasilkan DLL
- Agen rasional : untuk setiap deretan persepsi yang mungkin , sebuah agen rasional hendaklah memilih satu tindakan yang di harapkan memaksimalkan ukuran performancenya , dengan adanya bukti yang di berikan oleh deretan presepsi dan apapun pengetahuan terpasang yang di miliki agen itu.
- Rasionalitas berbeda dari omniscience ( tahu segala /all knowing dengan pengetahuan tak berhingga )
- Agen dapat melakukan tindakan untuk memodifikasi persepsi masa depan sedemikian hingga dapat memperoleh informasi yang berguna ( pengumpulan informasi , eksplorasi )
- sebuah agen adalah otonom ( Autonomous ) apabila perilakunya di tentukan oleh pengalamannya sendiri ( dengan kemampuan belajar dan beradaptasi )
I.5 Referensi
Desiani.A dan Arhami.M, Konsep Kecerdasan Buatan, Penerbit Graha Ilmu, 2002.
http://www.sarjanaku.com/2013/01/makalah-pengertian-kecerdasan-buatan.html
http://socs.binus.ac.id/2012/06/06/mengenal-kecerdasan-buatan-kini-dan-akan-datang/
https://niftakul.wordpress.com/2017/09/28/artificial-intelligent/
Komentar
Posting Komentar