Analisa SWOT Tentang Facebook

Nama : Muhammad Adhari Alfaridzi
NPM   : 14116665
Kelas  : 2KA29
Dosen : Arbi Pramana

ANALISIS SWOT PADA FACEBOOK TINJAUAN DARI SISI EKONOMI, POLITIK DAN TEKNOLOGI
STRENGTH
-Lebih mudah digunakan/easy to use dibandingkan dengan jejaring sosial lainnya sepertimultiply dan friendster.
-Kelebihan teknologi lainnya dibandingkan dengan jejaring social lainnya adalah adatambahan menu chatting pada facebook,selain itu banyak aplikasi facebook yangcompatible dengan handphone sehingga memudahkan pengguna/user untuk membukafacebook kapan saja dan dimana saja.
-Lebih ekonomis karena hanya membutuhkan bandwith yang kecil jika dibandingkan dengan jejaring social lain, jika dibuka dari HP pun tidak memakan banyak pulsa.
-Sebagai sarana yang sangat efektif bagi para politikus di negara maju maupun berkembanguntuk beriklan dan berkampanye,tidak membutuhkan biaya besar dan mendapatkan hasilyang maksimal. Contohnya adalah salah satu kesuksesan Presiden Barrack Obama dalamPemilu Presiden Amerika kemarin adalah dengan memanfaatkan situs jejaring social sepertifacebook.

WEAKNESS
-Dikarenakan facebook dapat dilihat dan diakses oleh siapapun diseluruh dunia, maka hal inikurang bagus bagi kondisi perpolitikan di suatu negara/daerah. Ada isu politik, baik itupositif maupun negative dapat cepat tersebar ke penjuru dunia, sehingga dapatmengganggu stabilitas suatu negara/daerah itu.
-Ada beberapa fitur-fitur didalam facebook yang kurang lengkap, seperti user tidak dapatmeletakan dokumen - dokumen (ex: software2 gratis dan ringan) untuk didownloadlangsung oleh user lainnya.
-Tampilan emoticon pada menu chatting hanya sederhana dan seperlunya saja,sehinggatidak memuaskan user dalam berchatting.
 
OPORTUNITIES
-Banyaknya peluang bisnis di dalam facebook membuat para pengusaha maupun pemuladapat lebih memanfaatkan jejaring ini untuk membuka usaha atau mengembangkan usahamereka.
-Begitu juga dengan dunia politik, bagi para politikus facebook merupakan lahan yang sangatsubur untuk mengembangkan dan melebarkan pengaruh mereka didunia maya yang akanberdampak di panggung perpolitikan nyata.
-Masih banyak teknologi yang bisa dikembangkan dan diaplikasikan di dalam facebooksehingga user merasa facebook adalah jejaring all in one (ex: bisa langsungngegame,bisnis,kerja,dll)
 
THREATS
-Tidak semua negara/kalangan masyarakat setuju akan facebook, misalkan di china,pemerintah melarang facebook disana dengan alasan untuk menjaga stabilitas politik,rahasia dan keamanan negara tersebut. Ataupun MUI pernah mengeluarkan fatwa haramatas facebook dengan pertimbangan lebih banyak mudharat daripada manfaat.
-Dari segi ekonomi pun dapat menurunkan tingkat perekonomian suatu negara ataupunperusahaan, dikarenakan banyak waktu yang digunakan user untuk membuka facebook,sehingga fokus untuk kerja pun ikut menurun dan otomatis akan berdampak pada lesunyaperekonomian di dunia nyata.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Storyboard animasi penebangan hutan

Animasi Penebangan Pohon Secara Liar

Pentingnya Sosialisasi