Pengertian Inovasi SI dan New Technology

Nama : Muhammad Adhari Alfaridzi
NPM   : 14116665
Kelas  : 2KA29
Dosen : Arbi Pramana

INOVASI adalah suatu penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya. orang atau wirausahawan yang selalu berinovasi, maka ia sapat dikatakan sebagai seorang wirausahwan yang inovatif. Seseorang yang inovatif akan selalu berupaya melakukan perbaikan, menyajikan sesuatu yang baru/unik yang berbeda dengan yang sudah ada.


Pengertian Inovasi Sistem Informasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Inovasi adalah pemasukan atau pengenalan hal-hal baru, pembaharuan, penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya.
-      Pengertian Inovasi menurut para ahli :
  • Kuniyoshi Urabe Menurut Kuniyoshi Urabe, inovasi merupakan setiap kegiatan yang tidak bisa dihasilkan dengan satu kali pukul, melainkan suatu proses yang panjang dan kumulatif, meliputi banyak proses pengambilan keputusan, mulai dari penemuan gagasan hingga ke implementasian nya di pasar.

  • Van de Ven, Andrew H. Menurut Van de Ven, Andrew H., pengertian inovasi adalah pengembangan dan implementasi gagasan-gagasan baru oleh orang dalam jangka waktu tertentu yang dilakukan dengan berbagai aktivitas transaksi di dalam tatanan organisasi tertentu.

  • Everett M. Rogers Menurut Everett M. Rogers, inovasi merupakan sebuah ide, gagasan, ojek, dan praktik yang dilandasi dan diterima sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang atau pun kelompok tertentu untuk diaplikasikan atau pun diadopsi.


  • UU No. 19 Tahun 2002 Menurut UU No. 19 Tahun 2002, pengertian inovasi adalah kegiatan penelitian, pengembangan, dan atau pun perekayasaan yang dilakukan dengan tujuan melakukan pengembangan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau pun cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah ada ke dalam produk atau pun proses produksinya.


Pengertian teknologi informasi(TI):
Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi adalah sebagai berikut:
     A.   Televisi





Televisi adalah sebuah media telekomunikasi terkenal yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara, baik itu yang monokrom (hitam-putih) maupun berwarna. Televisi dapat diartikan sebagai alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media visual/penglihatan. kita tak perlu ketempat yang jauh untuk melihat kondisi dari suatu kejadian tertentu yang jauh atau bahkan sangat jauh

    B.   Sosial Media






Sosial Media adalah sekarang ini penuh inovasi setiap tahunnya. Mulai dari facebook, twitter, snapchat, instagram, dan lain-lain. Ada yang berbasiskan video, gambar, bahkan tag lokasi. Dari awalnya hanya update status, ganti profile picture. Sekarang semua bisa di update melalui sosial media. Hal hal yang tidak kita mau lewati bisa kita post ke sosial media.




     C.   VR (Virtual Reality) 





Virtual Reality adalah teknologi yang membuat pengguna atau user dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer, jadi kita merasa berada di dalam lingkungan tersebut


Dalam konteks bisnis, Information Technology Association of America menjelaskan
Pengolahan, penyimpanan dan penyebaran vokal, informasi bergambar, teks dan numerik oleh mikroelektronika berbasis kombinasi komputasi dan telekomunikasi. Istilah dalam pengertian modern pertama kali muncul dalam sebuah artikel 1958 yang diterbitkan dalam Harvard Business Review, di mana penulis Leavitt dan Whisler berkomentar bahwa "teknologi baru belum memiliki nama tunggal yang didirikan. Kita akan menyebutnya teknologi informasi (TI). " Beberapa bidang modern dan muncul teknologi informasi adalah generasi berikutnya teknologi web, bioinformatika''Cloud Computing'', sistem informasi global, Skala besar basis pengetahuan dan lain-lain

Pengertian sistem informasi(SI)
sistem informasi adalah sebuah penggabungan dari teknologi informasi dan aktivitas seseorang yang menggunakan teknologi yang di gunakan untuk pengoprasian dan manajemen yang berupa program dan di olah menjadi informasi.

Pengertian modern
kata modern biasanya pada sesuatu yang lebih 'terkini' atau kekinian(baru)
jadi pengertian dari inovasi sistem informasi & teknologi informasi modern adalah sebuah gagasan yang bertujuan untuk memperbaharui suatu teknologi yang berguna dan dapat membantu manusia dalam membuat,mengubah,menyimpan,mengomunikasikan dan menyebarkan informasi secara terbaru di masa kini maupun masa yang akan datang.


MANFAAT
Banyak sekali manfaat yang dapat di terapkan dalam kehidupan sehari-hari mulai dari pendidikan hingga ke bisnis. 

Berikut ini pemanfaatan IT di kehidupan sehari-hari antara lain:
-Menambah ilmu pengetahuan dan sarana informasi,
-Sebagai alat komunikasi

Secara umum manfaat IT antara lain:
-memudahkan kita dalam memperoleh informasi serta melakukan komunikasi.
-Terbukanya peluang bisnis yang baru 
-Terciptanya e-learning sebagai salah satu sarana dalam memperbaiki system pendidikan 
-Terciptanya lapangan pekerjaan.

Contoh inovasi sistem informasi 

E-commerce (Sistem informasi manajemen)
Ialah perdagangan elektronik atau e-dagang yang menyebar,menjual,membeli, dan memasarkan barang atau jasa melalui sebuah sistem elektronik seperti : website,televisi,internet dan media online lainnya.

E-commerce banyak melibatkan  transfer data elektronik serta pertukaran data elektronik lalu dalam sistem manajemen inventorynya otomatis dan sistem pengumpulan datanya otomatis dalam industri teknologi informasi melihat kegiatan perdagangan elektronik ini merupakan e-business (e-bisnis).
Dari sisi pengertian e-commerce fasilitas website digunakan untuk melakukan jual-beli secara online lalu dapat melakukan transaksi secara online.

Berikut ini berbagai tipe aplikasi e-commerce :
  1. Sistem elektronik market (ems) merupakan sistem aplikasi yang memanfaatkan teknologi dari informasi dan komunikasi yang menghasilkan kegiatan penawaran dalam sebuah pasar tertentu sehingga memudahkan beli untuk dapat membandingkan beberapa jenis harga.
  2. Sistem elektronik data interchange (edi) merupakan sarana pertukaran data agar lebih efisien dilakukan dengan cara transaksi berulang di dalam ukuran yang besar antara kelompok komersil dan lebih terinci.
  3. Internet commerce merupakan sistem aplikasi untuk bisnis menggunakan internet sebagai alat melakukan komunikasi dan informasi.
Jenis-jenis e-commerce :
  1. Bisnis ke bisnis
    serta
  2. Bisnis ke Konsumer
Manfaat e-commerce :
  1. Bisa meningkatkan market exposure dimaksudkan transaksi online menyebabkan semua orang di dunia dapat melakukan transaksi jual-beli.
  2. Dapat menurunkan biaya operasional.
  3. Dapat melebarkan jangkauan.
  4. Meningkatnya consumer loyalty.
  5. Meningkatnya suppy management.
  6. Waktu produksi jadi lebih pendek 


Kesimpulan: sistem inovasi yaitu sebuah ilmu pengetahuan dengan menggunakan teknologi yang ada pada saat ini yang di dalamnya itu ada sebuah ilmu pendidikan dan informasi yang dapat orang lain pelajari dan dapat orang lain kembangkan dari informasi dan pendidikan yang ada di dalam sistem inovasi dan teknologi tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Storyboard animasi penebangan hutan

Animasi Penebangan Pohon Secara Liar

Pentingnya Sosialisasi